Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tahu Syarat Syarat Vaksinasi Covid 19 ? Simak di SehatQ.Com

 


Pandemi akibat virus corona telah membawa dampak yang cukup negatif terhadap berbagai bidang termasuk pariwisata. Daerah daerah yang tadinya menjadi tujuan wisata setelah adanya corona menjadi sepi. Sepinya objek wisata ini juga turut mempengaruhi sektor ekonomi orang orang yang menggantungkan hidup di sektor ini baik secara langsung maupun tidak. Sebagai contoh orang orang yang memiliki sewa mobil untuk keperluan wisata merasakan dampak yang cukup besar setelah adanya pandemi ini. Mereka mau tidak mau harus berstrategi agar tetap bisa survive di tengah pandemi.

Karena besarnya dampak negatif adanya corona maka kita harus berusaha menghentikan persebarannya. Masyarakat umum seperti kita ini bisa melakukan upaya pencegahan dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan seperti cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan kontak atau melakukan aktivitas, menggunakan masker dengan benar baik dari cara pemakaian ataupun jenis masker saat bepergian, menjaga jarak aman dengan orang lain atau yang sering dikenal sebagai social distancing termasuk juga di dalamnya menghindari kerumunan. Sedangkan pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan kebijakan yang sesuai untuk menanggulangi virus tersebut. Seandainya semua orang maupun pemerintah bisa bersinergi dengan baik maka kemungkinan virus ini akan bisa diatasi.


Dan sebagai upaya lain yang bisa dipakai untuk menghambat persebaran virus ini adalah dengan menggunakan vaksin. Seperti yang kita ketahui bersama di akhir 2020 yang lalu sudah muncul berbagai vaksin covid 19 dari berbagai negara. Misalnya saja Amerika serikat memunculkan vaksin Pfizer dan moderna, Inggris dengan oxford astrazenecanya, dan China dengan sinovacnya. Indonesia sendiri saat ini masih menggunakan vaksin sinovac buatan china untuk vaksinasi yang dilakukan sejak januari 2021 yang lalu.


Vaksin vaksin ini sendiri umumnya dibuat dari virus yang telah dilemahkan ataupun dimatikan. Dan dengan menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh manusia maka akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi untuk melawan virus tadi. Dan dengan adanya antibodi ini maka jika terserang virus antibodi akan aktif melawan. Dan bisa dibilang upaya vaksinasi untuk sebagian besar populasi ini adalah salah satu cara untuk mencapai apa yang dinamakan herd immunity.


Agar vaksinasi efektif dan aman untuk orang yang divaksin maka tentunya ada syarat syarat tertentu agar seseorang bisa dinyatakan boleh divaksin dengan aman. Beberapa syarat vaksinasi menggunakan vaksin sinovac ini bisa kita lihat di berbagai sumber yang terpercaya misalnya di SehatQ.com. Dan berikut ini adalah beberapa diantara syarat syarat tersebut :

  • Berusia 18 tahun ke atas. 

  • Tidak sedang hamil ataupun menyusui

  • Tidak memiliki penyakit kronis seperti jantung koroner, gagal jantung, gagal ginjal, Autoimun seismik seperti SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya, Rhematoid Arthritis, penyakit saluran pencernaan kronis, Penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun, dan penyakit kronis lainnya.

  • Tidak sedang terserang covid 19. Dan untuk mereka yang pernah kena maka vaksinasi baru bisa diberikan setidaknya 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

  • Tidak ada kontak erat dengan penyintas covid 19.

  • Tidak sedang demam

  • penderita diabetes mellitus (DM) tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen dapat diberikan vaksinasi.


Jika kita memenuhi kriteria kriteria di atas bisa jadi anda merupakan orang yang boleh menerima vaksin. Dan kita tinggal menunggu waktu kapan akan divaksin tergantung kita masuk prioritas berapa. Selama menunggu divaksin tentunya kita tetap perlu menerapkan protokol kesehatan.


Posting Komentar untuk "Ingin Tahu Syarat Syarat Vaksinasi Covid 19 ? Simak di SehatQ.Com"